Ciri-Ciri Penyakit Jantung valvular

Ciri-Ciri Penyakit Jantung valvular


Ciri-Ciri Penyakit Jantung valvular

Penyakit jantung valvular ditandai dengan kerusakan atau cacat pada salah satu dari empat katup jantung: mitral, aorta, trikuspid atau pulmonal.Katup mitral dan trikuspid mengendalikan aliran darah antara atrium dan ventrikel (ruang atas dan bawah jantung). Katup pulmonal mengendalikan aliran darah dari jantung ke paru-paru, dan katup aorta mengatur aliran darah antara jantung dan aorta, dan dengan demikian pembuluh darah ke seluruh tubuh. Katup mitral dan aorta adalah yang paling sering terkena penyakit jantung katup.


Katup yang berfungsi normal memastikan bahwa darah mengalir dengan kekuatan yang tepat ke arah yang benar pada waktu yang tepat. Pada penyakit katup jantung, katup menjadi terlalu sempit dan mengeras (stenotik) untuk membuka sepenuhnya, atau tidak dapat menutup sepenuhnya (tidak kompeten).


Katup stenotik memaksa darah untuk kembali berada di ruang jantung yang berdekatan, sementara katup yang tidak kompeten memungkinkan darah bocor ke kamar yang sebelumnya keluar. Untuk mengimbangi aksi pemompaan yang buruk, otot jantung membesar dan mengental, sehingga kehilangan elastisitas dan efisiensi. Selain itu, dalam beberapa kasus, penyatuan darah di bilik jantung memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggumpal, meningkatkan risiko stroke atau emboli paru.


Tingkat keparahan penyakit jantung katup bervariasi. Dalam kasus ringan mungkin tidak ada gejala, sementara pada kasus lanjut, penyakit jantung katup dapat menyebabkan gagal jantung kongestif dan komplikasi lainnya. Pengobatan tergantung pada tingkat penyakitnya.


Gejala


Gejala penyakit katup bisa terjadi secara tiba-tiba, tergantung seberapa cepat penyakit berkembang. Jika kemajuannya perlahan, maka hati Anda mungkin menyesuaikan diri dan Anda mungkin tidak memperhatikan timbulnya gejala apapun dengan mudah. Selain itu, tingkat keparahan gejala tidak harus berkorelasi dengan tingkat keparahan penyakit katup. Artinya, Anda sama sekali tidak memiliki gejala, namun memiliki penyakit katup berat. Sebaliknya, gejala parah bisa timbul bahkan dari kebocoran katup kecil sekalipun.


Banyak gejala yang serupa dengan yang berhubungan dengan gagal jantung kongestif, seperti sesak napas dan mengi setelah aktivitas fisik terbatas dan pembengkakan kaki, pergelangan kaki, tangan atau perut (edema). Gejala lainnya meliputi:




  • Palpitasi, nyeri dada (mungkin ringan).

  • Kelelahan.

  • Pusing atau pingsan (dengan stenosis aorta).

  • Demam (dengan endokarditis bakteri).

  • Berat badan bertambah cepat.


Penyebab


Ada banyak jenis penyakit katup; Beberapa jenis dapat hadir saat lahir (bawaan), sementara yang lain mungkin didapat di kemudian hari.


Jaringan katup jantung bisa mengalami degenerasi seiring bertambahnya usia.


Demam reumatik dapat menyebabkan penyakit katup jantung.


Endokarditis bakteri, infeksi lapisan dalam otot jantung dan katup jantung (endocardium), merupakan penyebab penyakit jantung katup.


Tekanan darah tinggi dan aterosklerosis dapat merusak katup aorta.


Serangan jantung bisa merusak otot-otot yang mengendalikan katup jantung.


Kelainan lain seperti tumor karsinoid, rheumatoid arthritis, lupus eritematosus sistemik, atau sifilis dapat merusak satu atau lebih katup jantung.


Methysergide, obat yang digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain, dan beberapa obat diet dapat meningkatkan penyakit jantung katup.


Terapi radiasi (digunakan untuk mengobati kanker) dapat dikaitkan dengan penyakit jantung katup.


Pencegahan


Dapatkan perawatan segera untuk sakit tenggorokan yang berlangsung lebih lama dari 48 jam, terutama jika disertai demam. Pemberian antibiotik tepat waktu dapat mencegah pengembangan demam rematik yang dapat menyebabkan penyakit jantung katup.




  • Gaya hidup sehat jantung juga disarankan untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi, aterosklerosis dan serangan jantung.

  • Jangan merokok

  • Mengkonsumsi tidak lebih dari dua minuman beralkohol sehari.

  • Makan makanan seimbang dan sehat rendah garam dan lemak, berolahraga teratur dan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.

  • Ikuti program pengobatan yang diresepkan untuk bentuk penyakit jantung lainnya.

  • Jika Anda penderita diabetes, pertahankan kontrol gula darah Anda dengan seksama.


Diagnosa


Selama pemeriksaan Anda, dokter mendengarkan suara jantung yang khas, yang dikenal sebagai murmur jantung, yang mengindikasikan adanya penyakit jantung katup. Sebagai bagian dari diagnosis Anda, Anda mungkin menjalani satu atau beberapa tes berikut ini:


Elektrokardiogram, juga disebut EKG atau EKG, untuk mengukur aktivitas listrik jantung, keteraturan detak jantung, penebalan otot jantung (hipertrofi) dan kerusakan otot jantung akibat penyakit arteri koroner.


Tes stres, juga dikenal sebagai tes treadmill, untuk mengukur tekanan darah, detak jantung, perubahan EKG dan tingkat pernapasan saat berolahraga. Selama tes ini, aktivitas listrik jantung dipantau melalui sensor logam kecil yang diterapkan pada kulit Anda saat Anda berolahraga di atas treadmill.


Sinar-X dada


Ekokardiogram untuk mengevaluasi fungsi jantung. Selama tes ini, gelombang suara yang memantul dari jantung direkam dan diterjemahkan ke dalam gambar. Gambar-gambar itu bisa mengungkapkan ukuran, bentuk dan gerakan jantung abnormal. Ekokardiografi juga dapat digunakan untuk menghitung fraksi ejeksi, atau volume darah yang dipompa ke tubuh saat jantung berkontraksi.


Kateterisasi jantung, yang merupakan pemasangan kateter ke dalam ruang jantung untuk mengukur penyimpangan tekanan di seluruh katup (untuk mendeteksi stenosis) atau untuk mengamati aliran balik zat warna yang disuntikkan pada sinar-X (untuk mendeteksi ketidakmampuan).


Mengapa perlu? Anda memiliki empat katup di dalam hati Anda. Operasi katup diperlukan bila salah satu katup di jantung Anda tidak bekerja, yang berarti darah tidak mengalir melalui jantung Anda dengan cara yang benar. Terkadang katup bisa diperbaiki. Lain kali katup harus diganti, baik dengan katup dari babi atau yang buatan manusia.


Bagaimana hal itu dilakukan Dokter bedah membuka dada dengan memotong tulang dada. Dokter bedah kemudian menghubungkan mesin jantung-paru. Mesin "bertindak" sebagai jantung dan paru-paru sehingga dokter bisa bekerja di jantung. Setelah operasi selesai, jantung mulai berdetak dan mesin berhenti. Tulang dada disambung bersama untuk membiarkan tulang sembuh, yang memakan waktu sekitar empat sampai enam minggu.


Rekomendasi dari kami konsumsilah jelly gamat gold-g yang sudah terbukti ampuh dan aman atasi masalah jantung bocor tanpa operasi dan juga tidak menimbulkan ketergantungan , Jelly Gamat Gold-G merupakan suplemen makanan kesehatan berbentuk jelly yang terbuat dari ekstrak teripang (yang dalam bahasa Malaysia disebut Gamat). Sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, serta terbukti berkhasiat untuk mengobati ataupun mencegah berbagai macam penyakit. Merek Gold-G sendiri merupakan pelopor yang pertama kali memproduksi produk kesehatan Jelly Gamat atau sari teripang yang telah dikonsumsi dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Untuk lebih jelasnya anda bisa ce di ‘’Obat Jantung Bocor’’.


Baca Juga : Pengobatan Alternatif Untuk Penyakit Jantung

Orang Kurus Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Memahami Hidup Dengan Cacat Jantung Bawaan

Obat Jantung Bocor


Posted By : Obat Jantung Bocor 13 Agustus 2017


Hour : 7 : 34

0 Response to "Ciri-Ciri Penyakit Jantung valvular"

Posting Komentar